Rabu, 30 Desember 2009

Syarat Pembuatan Animasi Karakter

Di dalam pembuatan sebuah animasi atau game diperlukannya tokoh/karakter sebagai visualisasi agar menarik untuk dimainkan. Tokoh atau karakter adalah dasar yang harus ada dalam sebuah game/animasi, selain dari background dan file pendukung lainnya.



Syarat Pembuatan animasi karakter

  • Ekspresi wajah
Pada animasi karakter, karakter yang akan dibuat memerlukan beberapa ekspresi wajah. Sehingga setiap karakter memiliki banyak gambar yang sama namun berbeda ekspresi wajahnya. Dan biasanya dari ekspresi wajah itulah akan mewakili sifat karakternya.

  • Kostum/pakaian
Diperlukan kostum agar karakter yang dimunculkan tidak terkesan monoton

  • Background/latar
Pemilihan background perlu diperhatikan untuk menyesuaikan cerita game/animasi yang akan dibuat. Background diperlukan agar game/animasi terlihat lebih hidup. Background didapatkan dari image foto.

  • Suara latar
Menentukan musik sebagai suara latar agar mendapatkan kesan hidup. Suara sangat mendominasi dalam membuat suasana lebih hidup. Dan suara latar diperlukan untuk memperdalam jiwa karakter animasi.

  • Menuliskan sintak program.
Berisikan sintak program yang mengatur pergerakan dalam animasi. Jika data-data yang diperlukan dalam membuat game/animasi telah ada/terkumpul, maka data-data tersebut dikumpulkan dalam satu folder tertentu. Penempatan data pada satu folder ini dimaksudkan agar memudahkan pemanggilan data melalui sintak program. Dimana dari objek karakter, background, suara latar, hingga file pendukung lain semua masuk dan dieksekusi melalui sintak program dengan menggunakan Ren’Py.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar